REVIEW PERANGKAT ILI WEARABLE TRANSLATOR





Di abad ke-21 ini, teknologi sangat membantu manusia dalam melakukan berbagai hal, salah satunya adalah dalam berkomunikasi satu sama lain. Teknologi yang akan dibahas kali ini adalah teknologi alat penerjemah (translator) yang dapat membantu seseorang dalam memahami bahasa asing yang tidak dipahami orang tersebut. Saat ini, banyak macam alat translator yang tersedia, mulai dari yang rupanya seperti perangkat kalkulator, aplikasi online/offline, hingga yang wujudnya sekecil modem. Dari sekian banyak macam translator yang ada, saya telah melakukan pengamatan pada perangkat translator yang wujudnya sekecil modem, yaitu Ili Wearable Translator. Berikut ini laporan hasil pengamatan (review) yang telah saya lakukan.

FUNGSI
 
Gambar 1. Fungsi serta kelebihan dari perangkat Ili Wearable Translator
            Ili Wearable Translator berfungsi untuk melakukan penerjemahan bahasa tanpa koneksi internet dengan kecepatan penerjemahan 0,2 detik. Dengan bentuk fisik sebesar modem, perangkat ini dapat menyimpan hingga 50.000 kata/susunan kata. Dengan demikian, perangkat ini dibuat khusus untuk para traveller yang sedang berada di antara orang-orang dengan Bahasa Jepang, Mandarin, Spanyol, dan Korea yang kurang atau bahkan tidak mereka pahami.

MANFAAT
Manfaat yang diberikan dari perangkat Ili Wearable Translator ini, yaitu memberikan kemudahan untuk para traveller yang berbahasa Inggris atau mengerti Bahasa Inggris berkomunikasi dengan orang-orang yang menggunakan Bahasa Jepang, Mandarin, Spanyol, dan Korea. Hal itu karena, perangkat ini dilengkapi sebuah prosesor canggih yang juga dilengkapi kapasitas penyimpanan hingga 50.000 kata/susunan kata. Dengan adanya hal tersebut, membuat perangkat ini dapat melakukuan penerjemahan secara real-time dengan kecepatan 0,2 detik. Kemudian, dengan adanya mesin sintesa suara di perangkat ini, maka para traveller tersebut tidak akan direpotkan untuk mengucapkan hasil dari penerjemahan tersebut, karena alat ini akan membacakan langsung hasil dari penerjemahannya. Dengan data tahan battery hingga 3 hari, akan membuat para traveller tersebut lebih leluasa berpetualang sehari atau dua hari penuh.

CARA KERJA
 
Gambar 2. Tiga cara cepat dalam penggunaan perangkat Ili Wearable Translator
            Cara kerja dari Ili Wearable Translator dimulai dengan menekan tombol yang berada pada permukaan perangkat tersebut. Selanjutnya, selagi menekan tombol tersebut ucapkan kata atau kalimat percakapan dalam Bahasa Inggris ke arah microphone yang letaknya berada di bagian atas tombol. Kemudian lepas, maka perangkat tersebut akan melakukan proses penerjemahan kata/kalimat yang diucapkan. Setelah proses penerjemahan selesai, perangkat tersebut kemudian akan mengeluarkan output audio hasil dari penerjemahan tersebut ke dalam bahasa yang telah ditentukan sebelumnya (Jepang atau Mandarin atau Spanyol atau Korea).

KEKURANGAN / KELEMAHAN
Beberapa kelemahan atau kekurangan yang dimiliki perangkat Ili Wearable Translator, yaitu :
1)      Untuk saat ini, perangkat tersebut hanya dapat bekerja dalam Bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, Spanyol, dan yang paling terbaru yaitu Korea (baru ditambahkan Maret 2019).
2)      Setiap perangkat tersebut hanya dapat membunyikan salah satu bahasa. Maksudnya adalah saat menggunakan perangkat tersebut, pengguna hanya dapat melakukan inputan audio berupa kalimat dengan satu bahasa (misal Bahasa Inggris) pada satu waktu. Kemudian perangkat tersebut juga hanya dapat menerjemahkan ke dalam satu bahasa (misal Bahasa Jepang) pada satu waktu. Dengan demikian, pengguna tidak dapat tiba-tiba mengubah bahasa yang dituju ketika sedang melakukan percakapan.
3)      Kalimat yang diinputkan harus merupakan kalimat sederhana. Jika kalimat tersebut rumit, maka perangkat tersebut akan menolak untuk menerjemahkan kalimat tersebut.
4)      Untuk melakukan penambahan bahasa baru, pengguna diharuskan membayar kembali. Jadi, setiap bahasa yang tersedia untuk perangkat tersebut dijual terpisah, kecuali 2 bahasa pertama yang didapat ketika membeli perangkat.
5)      Inputan kalimat yang diucapkan pengguna diharuskan menggunakan Bahasa Inggris. Dengan demikian, perangkat tersebut hanya dapat digunakan oleh orang-orang yang cukup baik dalam berbahasa Inggris.

 ALGORITMA
Berikut ini gambaran algoritma proses kerja dari perangkat Ili Wearable Translator dalam bentuk flowchart.
Gambar 3. Gambar flowchart proses kerja perangkat Ili Wearable Translator
Penjelasan Flowchart :

 Ketika tombol pada perangkat ditekan, maka dapat dilakukan pengimputan suara/audio berupa kata atau kalimat yang akan di terjemahkan dalam Bahasa Inggris. Kemudian, data audio tersebut akan dilakukan parsing, yaitu kegiatan memecah-mecah rangkaian data audio tersebut menjadi terurai dan uraian tersebut kemudian akan digunakan selanjutnya pada tahap ekstrasi informasi. Setelah dilakukan ekstrasi informasi dari uraian data audio tersebut, kemudian dilakukan visualisasi dari bentuk susunan data tersebut dengan menciptakan pola tertentu. Jika pola dari visualisasi tersebut sudah ditetapkan, maka kemudian pola tersebut akan dicocokkan pada pola data lainnya yang ada di penyimpanan perangkat tersebut. Jika pola tersebut memiliki kesamaan bentuk dengan pola yang ada di penyimpanan, maka kemudian data dari pola yang ada di tempat penyimpanan tersebut akan ditentukan sebagai teks terjemahannya. Namun, jika tidak cocok, maka harus dilakukan pengulangan input data audio, dengan kata lain data gagal diterjemahkan. Setelah teks terjemahannya telah ditentukan, dengan bantuan mesin sintesa suara dari perangkat ini, kemudian teks terjemahan tersebut akan diubah menjadi outputan berupa audio.



Komentar

Postingan Populer