PERBEDAAN DAN PERSAMAAN BRM & SLM
Sebelum
membahas tentang perbedaan dan persamaan dari BRM dan SLM, mari kita bahas mengenai
BRM dan SLM terlebih dahulu.
A) Manajemen
Hubungan Bisnis (Business Relationship Management)
Ruang Lingkup
Keberhasilan jangka panjang dari
penyedia layanan TI bergantung pada hubungannya dengan pelanggannya. Dalam arti
luas, hubungan antara pelanggan dan penyedia layanan TI mencakup spektrum penuh
interaksi bisnis di antara mereka, dari hal-hal operasional yang berkaitan
dengan pemberian layanan dan kinerja operasional, malalui isu-isu taktis,
seperti persyaratan pengembangan.
Penyebaran BRM didasarkan pada
argumen bahwa baik penyedia layanan dan pelanggan akan memperoleh manfaat dari
hubungan yang berusaha menyelaraskan kegiatan penyedia layanan dengan kebutuhan
bisnis berkembang pelanggan dan meningkatkan pemahaman pelanggan tentang
penyedia layanan penawaran dan nilainya untuk bisnis pelanggan.
Maksud & Tujuan
Tujuan utama dari Pengelolaan
Layanan Bisnis adalah membagun dan mempertahankan hubungan yang efektif dan
produktif antara pelanggan dan penyedia layanan, yang didasarkan pada pemahaman
pelanggan dan kebutuhan bisnisnya. Agar hubungan semacam itu dapat berfungsi,
harus ada komitmen, kepercayaan, keterbukaan, dan kejujuran yang jelas di kedua
belah pihak.
B) Manajemen
Tingkat Layanan (Service Level Management)
Ruang
Lingkup
Manajemen tingkat layanan (SLM) ada untuk
memastikan bahwa layanan sepenuhnya sejajar dengan kebutuhan bisnis dan
memenuhi persyaratan pelanggan untuk fungsionalitas, ketersediaan, dan kinerja.
Tujuannya adalah untuk memastikan tingkat layanan dinegosiasikan dan disetujui
dengan pelanggan dan semua layanan dikirim ke yang disetujui tingkat layanan
yang ditentukan dalam hal indikator kinerja yang disepakati. SLM adalah
pengurus hubungan antara penyedia layanan TI dan perusahaan pelanggan dan
bertanggung jawab kepada pengguna atas layanan yang dikirimkan.
Maksud & Tujuan
Manajemen
tingkat layanan ada untuk memastikan bahwa layanan sepenuhnya sesuai dengan
kebutuhan bisnis dan memenuhi persyaratan pelanggan untuk fungsionalitas,
ketersediaan dan kinerja. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa tingkat
layanan dinegosiasikan dan setuju dengan pelanggan dan semua layanan dikirim ke
tingkat layanan yang disepakati didefinisikan dalam hal indikator kinerja yang
disepakati.
SLM
sangat penting untuk peningkatan layanan berkelanjutan (CSI). Tujuan SLM adalah
mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan TI dengan proses persetujuan
berkelanjutan, pemantauan dan melaporkan pencapaian layanan TI dan memulai
tindakan korektif di mana ada kasus bisnis untuk melakukannya dan bisnis setuju
bahwa tindakan harus dilakukan diambil. SLM mendukung proses peningkatan tujuh
langkah karena SLM menentukan apa yang harus diukur, dipantau dan dilaporkan.
Ia bekerja dengan bisnis dan pelanggan untuk menyetujui persyaratan baru dan
mengidentifikasi layanan peningkatan peluang dan prioritas. Informasi ini dan
kegiatannya drive adalah bagian penting dari CSI.
Tujuan dari proses SLM adalah untuk memastikan bahwa
semua layanan yang disampaikan adalah dipantau dan diukur terhadap tingkat
layanan yang disepakati dan bahwa hasilnya, dinyatakan sesuai dengan kebutuhan
pelanggan, dilaporkan secara teratur ke bisnis dan pelanggan.
Kemudian
dapat disimpulkan bahwa…
Perbedaan dari keduanya terletak pada fokus dari masing-masing pihak. Di mana SLM
memiliki fokus pada menjalin perjanjian dengan pelanggan pada tingkat layanan
yang akan dikirimkan untuk layanan tertentu dan, dengan memastikan tingkat
layanan ini terpenuhi, pada pencapaian tingkat kepuasan pelanggan yang dapat
diterima. Sedangkan BRM
membangun
hubungan jangka panjang dengan pelanggan yang berfokus
pada isu-isu tingkat strategis dan yang lebih tinggi, berusaha untuk
menyediakan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis pelanggan dan
berada dalam kemampuan penyedia layanan untuk di-delivery. Kepuasan pelanggan
adalah ukuran utama keberhasilan BRM, tapi kepuasan pelanggan ini dinyatakan
dalam nilai layanan kepada pelanggan.
Sedangkan persamaan dari
keduanya, yaitu melayani sorang pelanggan pada sebuah bisnis dan bertanggung jawab atas menjaga hubungan yang
efektif dengan para manajer bisnis dan bisnis.
Sumber :
🌎https://yuharariskiyah.wordpress.com/2018/07/01/tugas-3-rangkuman-buku-it-service-management-part-2/
Komentar
Posting Komentar